Tips Membeli Rumah Yang Ideal Tips Dari Samera Propertindo

Bisa membeli rumah yang ideal pasti menjadi cita-cita semua orang, terutama bagi yang sudah atau hendak berkeluarga. Selain untuk tempat tinggal, rumah juga bisa digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang dan bahkan bisa diwariskan ke anak dan cucu.

Jika sudah memiliki penghasilan atau dana yang memadai, sangat dianjurkan untuk membeli rumah sedini mungkin. Sebab, harga rumah cenderung naik dari tahun ke tahun karena lahan semakin terbatas, terutama di daerah perkotaan.

Untuk Anda yang hendak membeli rumah pertama kalinya, sangat dianjurkan untuk mempelajari beberapa hal penting dalam proses membeli rumah. Sehingga, Anda dapat terhindar dari mengambil keputusan yang salah dan mengakibatkan kerugian. Maka dari itu, berikut kami bagikan beberapa tips dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membeli rumah yang ideal.

Penentuan Budget dan Harga Rumah Untuk Membeli Rumah Yang Ideal

Karena pembelian rumah termasuk pengeluaran yang signifikan dan membutuhkan komitmen jangka panjang, maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah budget. Tentukanlah budget sesuai kemampuan finansial Anda saat ini. Terlepas jika Anda memilih cara bayar secara cash keras ataupun menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui bank.

Beberapa jenis biaya yang harus dipertimbangkan dalam menghitung budget termasuk harga rumah, biaya notaris, biaya pajak, biaya furnishing, biaya renovasi, biaya perawatan dan biaya tambahan lainnya yang bisa mencapai 15% dari nilai rumah.

Dalam kondisi tertentu, ada biaya lain-lain yang harus dipertimbangkan juga. Seperti biaya tanda jadi (jika membeli rumah baru), down payment dan bunga cicilan (jika membeli dengan KPR) dan biaya agen properti (jika membeli melalui jasa agen properti).

Tips terpenting dalam memilih harga rumah yang ideal adalah rumah yang cicilannya tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan Anda.

Membeli Rumah Yang Ideal Pada Lokasi Dengan Akses Yang Baik

Lokasi, lokasi dan lokasi. Inilah salah satu saran yang harus diingat saat hendak membeli rumah. Karena lokasi dapat menentukan nilai dari sebuah rumah di masa depan. Jika Anda memiliki dana terbatas, membeli rumah yang berlokasi di inti kota yang sangat strategis pasti sangat tidak memungkinkan. Ataupun jika Anda mampu secara finansial, menemukan rumah di inti kota dengan harga yang wajar mungkin akan sulit sekali.

Sebagai alternatifnya, rumah yang berada di pinggiran inti pusat kota bisa menjadi pilihan terbaik. Karena seiring dengan tingginya harga dan keterbatasan lahan, maka perkembangan kota akan semakin melebar ke pinggiran. Misalkan contoh di kota Medan yang sudah sulit ditemukan rumah dengan harga yang wajar, daerah seperti Medan Sunggal, Medan Helvetia, Medan Selayang dan Deli Serdang.

Namun pemilihan lokasi secara spesifik harus kembali lagi ke kebutuhan dan preferensi Anda. Pertimbangan seperti tempat jarak tempuh ke tempat kerja, sekolah, rumah rumah sakit, rumah orang tua atau kerabat dan ketersediaan transportasi publik. Jika Anda harus memilih lokasi yang agak jauh, maka harus dipertimbangkan juga biaya transportasi atau biaya bahan bakar mobil yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Selain itu, harus diperhatikan juga potensi banjir di daerah tersebut. Tips terampuh untuk mengetahui suatu daerah rawan banjir atau tidak adalah dengan menanyakan pengalaman warga sekitar atau perhatikan kelayakan sistem drainasenya.

Membeli Rumah Yang Ideal Dengan Desain dan Material Sesuai Kebutuhan

Jika Anda berencana membeli rumah yang baru dibangun seperti yang ditawarkan oleh Samera Propertindo, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Setiap proyek perumahan yang dijual di desain oleh arsitek berpengalaman dan sudah mengikuti trend desain yang diminati saat ini.

Untuk menjaga kualitas bangunan, setiap proyek menggunakan material bahan bangunan dan produk furnishing berkualitas sehingga bisa awet untuk jangka panjang. Agar lebih yakin, Anda juga dapat berkunjung ke lokasi proyek untuk memantau pembangunan rumah yang Anda beli.

Berbeda halnya jika Anda berencana membeli rumah lama atau second, Anda harus lebih teliti dalam menilai sebuah rumah sebelum membeli. Beberapa hal yang mungkin harus diperiksa adalah:

  1. Bagaimana sirkulasi udara setiap ruangan dan apakah ada pencahayaan alami memadai?
  2. Apakah layout ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga?
  3. Perhatikan material yang digunakan terutama bahan yang terbuat dari kayu dan gypsum, dan bagaimana kondisinya? Sebab 2 material ini yang umumnya rawan diserang oleh rayap.
  4. Yang terpenting adalah, apakah Anda nyaman dengan tampilan interior dan exterior rumah dan suasananya secara umum?
  5. Apakah ada kebocoran? Anda dapat melihat tanda-tanda kebocoran seperti bercak kuning pada atap, dinding dan lantai. Jika tidak ditemukan bercak, coba tempelkan tangan pada beberapa sisi dinding terutama yang berdekatan dengan saluran air dan pastikan tidak terasa lembab. Jika ada kebocoran yang tidak diketahui sumbernya, Anda mungkin harus membobok dinding, lantai atau mengganti atap yang bisa memakan sangat banyak biaya dan waktu.

Bagaimanapun kondisi rumah yang hendak Anda beli, salah satu tips terbaik adalah untuk memastikan berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk merenovasi dan mengisi rumah sesuai tema desain interior yang Anda dan keluarga inginkan.

Sangat dianjurkan untuk tidak terlalu menghemat biaya untuk hal yang krusial. Seperti halnya bahan kelistrikan, pipa saluran air dan material kayu, agar terhindar resiko konsleting listrik yang bisa memicu kebakaran, kebocoran dan serangan rayap.

Membeli Rumah Yang Ideal Yang Dilengkapi Fasilitas Lengkap

Selain kondisi rumah, ketersediaan fasilitas penunjang dan gaya hidup juga harus diperhatikan terutama jika Anda sudah berkeluarga. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, maka sangat dianjurkan untuk memilih rumah yang berada di dalam komplek perumahan.

Selain lebih aman karena ada penjagaan sekuriti 24 jam, komplek perumahan umumnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti clubhouse, waterpark, dan creative parkseperti yang tersedia di perumahan Sam City Samera Mariendal.

Jika Anda memiliki pasangan atau orang tua yang sering memasak, membeli rumah yang ideal tentunya harus dekat dengan pasar tradisional.

Membeli Rumah Yang Ideal Dengan Potensi Kenaikan Harga

Selain membeli rumah untuk kebutuhan tempat tinggal, motivasi lain tentunya adalah harapan agar bisa mendapatkan keuntungan (capital gain) jika nantinya rumah tersebut dijual. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenaikan harga selain lokasi dan akses yang strategis, beberapa diantaranya adalah:

Apakah ada informasi rencana pengembangan di sekitar rumah yang hendak dibeli? Misalkan apartemen, mall, pusat perbelanjaan, pusat kuliner, jalan tol dan sebagainya.
Lakukan riset harga dan pelajari riwayat kenaikan harga rumah di daerah sekitar. Jika rumah yang hendak Anda beli sudah diatas rata-rata atau harga tertinggi, maka potensi kenaikan harga untuk beberapa tahun kedepan cenderung minim.
Jika Anda berencana membeli rumah di perumahan, usahakan untuk membeli saat launching perdana atau masih pada tahap awal pengembangan. Karena seiring dengan bertambahnya penghuni atau peminat, maka potensi kenaikan harga semakin tinggi.

Membeli Rumah Yang Ideal Dari Developer Yang Memiliki Reputasi Baik

Bagi Anda berencana untuk membeli rumah pada proyek baru yang belum dibangun, sangat dianjurkan untuk mencari tahu tentang reputasi dan rekam jejak dari developer tersebut. Hal ini patut dicari tahu untuk menghindari dari developer nakal yang sering mangkrak dari proyek yang dijual.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mencari tahu melalui internet, komentar di akun media sosial milik developer atau bertanya pada penghuni dari proyek terdahulu yang pernah dibangun oleh developernya. Bahkan, Anda dapat menilai pihak penjual atau developer dari poin-poin yang tertera pada akta PPJB atau PJB yang akan ditandatangani bersama. Maka dari itu perlu secara baik perbedaan antara akta PPJB, PJB dan AJB dan fungsinya agar transaksi berjalan lancar dan menghindari Anda dari kerugian.

Itulah 6 tips membeli rumah yang ideal untuk Anda dan keluarga. Bisa menemukan dan membeli rumah ideal bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus membertimbangkan segala kemungkinan sebelum membelinya. Kuncinya adalah teliti dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Selamat mencoba!

Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua