Harga Rumah di Kota Medan Terbaru

Sebagai salah satu kebutuhan penting manusia, tak heran kalau rumah selalu dicari oleh banyak orang. Terutama bagi yang tinggal di kota besar seperti Medan. Meski harga rumah di kota Medan selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya, tak pernah menyurutkan niat banyak orang untuk memiliki hunian di sana.

Salah satu penyebabnya adalah berkat tren beli rumah yang makin populer di kalangan generasi milenial. Karena itu jugalah desain perumahan selalu mengalami inovasi dan perkembangan, sesuai keinginan dan kebutuhan kawula muda.

Perkembangan tersebut kemudian membuat banyak orang dari seluruh pelosok daerah tertarik untuk memiliki hunian di Medan. Ada juga yang datang dengan alasan khusus, seperti melanjutkan pendidikan, urusan pekerjaan, menikah dengan orang setempat, atau sekadar ingin menghabiskan masa pensiun.

Kalau Anda masih merasa ragu, berikut kami berikan penjelasan mengenai keunggulan Kota Medan beserta tipe rumah dan harganya.

Pesona Medan sebagai hunian dan investasi

Medan merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Tak ayal kalau Anda bisa menemukan banyak potensi menarik di kota Medan. Di antaranya adalah:

Menjadi gerbang perdagangan internasional

Menyandang status sebagai daerah otonom sekaligus Ibukota Provinsi Sumatera Utara, bukan hal aneh bila seluruh pembangunan akan berpusat di kota Medan. Kota Medan juga berbatasan langsung dengan bagian utara Selat Malaka. Posisinya yang strategis tersebut menjadikan kota ini sebagai gerbang perdagangan internasional. Membuat Medan sangat tepat dijadikan sebagai tempat berinvestasi.

Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat

Sebagai gerbang perdagangan internasional, laju ekonomi di Sumatera terus mengalami peningkatan. Terbukti dengan adanya kenaikan ekonomi sebesar 25% pada tahun 2019. Lebih tinggi 25% ketimbang angka ekonomi nasional. Provinsi ini juga memberi kontribusi sebanyak 23,82% pada PDRB Pulau Sumatera. Hal ini salah salah satunya berkat upaya pemerintah setempat dalam menjaga nilai ekonomi di beberapa sektor agar tidak jatuh bebas. Bahkan di masa pandemi COVID-19 sekalipun.

Beragam Fasilitas Publik Skala Nasional dan Internasional

Kota metropolitan seperti Medan pastinya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik berkualitas. Misalnya dalam hal pelayanan kesehatan. Kota Medan menyediakan opsi rumah sakit besar yang memberikan pelayanan maksimal dengan peralatan modern.

Sebagian besar rumah sakit pun sudah menyandang standar internasional. Beberapa rumah sakit terbaik di Kota Medan di antaranya RS Siloam Dhirga Surya, RS Columbia Asia, RS Royal Prima, RS Murni Teguh dan Rumah Sakit Mata Sumatera Eye Center (SMEC). Selain itu ada juga dukungan sekolah dan perguruan tinggi terbaik, seperti Singapore Intercultural School, Sampoerna Academy, Prime One School, Medan Independent School, Perguruan Sutomo, Universitas Sumatera Utara dan masih banyak lainnya.

Sarana Transportasi Yang Lengkap

Selain fasilitas publik, sarana transportasi di Medan juga tergolong lengkap dan modern. Terlihat dari banyaknya moda transportasi umum yang dapat mempermudah aktivitas harian masyarakat. Berbagai jenis transportasi di Medan antara lain becak motor, Trans Metro Deli, angkutan kota khas Medan ‘Sudako’, minibus, taksi, serta becak.

Kemajuan di bidang transportasi tersebut salah satunya berkat keberadaan Terminal Terpadu Amplas.  Terminal kelas A tersebut melayani rute antar kota dan antar provinsi. Rute bus tersebut juga memungkinkan Anda menyambangi Bandara Internasional Kualanamu. Bandara internasional terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta ini melayani penerbangan jalur domestik dan internasional langsung tanpa harus transit dahulu ke Jakarta.

Banyak Pusat Perbelanjaan Terbaik

Tinggal di kota besar pastinya Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan. Apalagi aksesibilitas dan transportasi di Kota Medan tergolong mudah. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai pusat perbelanjaan, mulai dari kelas tradisional hingga modern. Beberapa pusat perbelanjaan modern terbaik di Kota Medan antara lain Sun Plaza, Plaza Medan Fair, Manhattan Time Square, Cambridge City Square, Lippo Plaza, Brastagi Supermarket, Thamrin Plaza, dan sebagainya. Sedangkan salah satu area perbelanjaan tradisional favorit di Medan ialah Pasar Rame dan Pasar Beruang.

Destinasi Wisata Mendunia

Sudah jadi rahasia umum bila kota Medan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pelancong lokal dan mancanegara. Salah satu tujuan wisata yang banyak digemari ialah Danau Toba yang di bagian tengahnya memiliki pulau seluas negara Singapura, yaitu Pulau Samosir.

Dengan banyaknya objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, tentu akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat bila membangun investasi di sana. Bisa berupa properti untuk disewakan atau sebagainya.

Harga Rumah di Kota Medan Berdasarkan Ukurannya

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli rumah. Salah satunya adalah kesesuaian bentuk dengan kebutuhan. Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan luas bangunannya. Luas bangunan ini biasa diistilahkan sebagai tipe rumah.

Dengan mengetahui tipe rumah, Anda bisa mencari hunian yang sesuai kebutuhan dan bujet. Tipe rumah sendiri biasa disebutkan dalam bentuk angka. Makin besar angkanya, ukuran rumah tersebut tentu makin luas. Berikut adalah penjelasan mengenai tipe rumah di Medan beserta harganya.

Tipe 21/24

Rumah tipe ini menjadi yang termurah sekaligus yang memiliki ukuran kecil. Total luas bangunan hanya 21 atau 24 meter persegi. Hunian sederhana ini ini biasanya menyasar target entry level atau middle low. Harganya relatif terjangkau dan memiliki cicilan ringan. Membuat banyak orang lebih memilih rumah tipe 21/24 ketimbang harus menyewa atau mengontrak.

Harga rumah tipe 21/24 sendiri bervariasi. Umumnya berkisar antara Rp 150 juta - Rp 200 jutaan untuk rumah subsidi dan Rp 250 juta hingga Rp 450 juta untuk rumah komersil.

Tipe 36

Hunian tipe 36 merupakan yang paling banyak digemari. Ukurannya tidak terlalu besar ataupun kecil. Harganya pun masih relatif terjangkau. Rumah tipe ini memiliki dimensi 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Sangat cocok untuk dihuni oleh keluarga kecil dengan satu anak.

Di dalam rumah ini biasa diisi dengan 1 hingga 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur, serta 1 kamar mandi. Harga rumah tipe 36 di pasaran umumnya berkisar antara Rp 450 juta hingga Rp 600 juta.

Tipe 45

Kalau Anda mencari rumah yang lebih luas dari tipe 36 dengan harga murah maka tipe 45 adalah jawabannya. Rumah tipe 45 juga termasuk yang paling banyak dicari oleh masyarakat, bahkan investor properti.

Hal ini karena kualitas bangunanya yang setingkat lebih baik ketimbang tipe sebelumnya. Isiannya pun terbilang memadai, antara lain 2 kamar tidur, ruang tamu yang cukup luas, 1 kamar mandi, serta taman dan parkiran mobil. Anda bisa mendapat rumah tipe 45 ini dengan kisaran harga Rp 600 sampai Rp 850 juta.

Tipe 54

Mencari rumah yang cukup untuk keluarga kecil dengan 2 anak? Rumah tipe 54 bisa jadi solusinya.  Luas tiap ruangan terbilang cukup luas dan lebar. Memungkinkan Anda untuk menikmati istirahat di kamar yang lega. Dengan melakukan renovasi, Anda bisa meningkatkan rumah ini menjadi dua lantai.

Ukuran bangunan ini sendiri memiliki dimensi 9 x 6 meter atau 13,5 x 4 meter. Ada juga yang membuatnya dalam dimensi 8 x 7 meter. Di dalamnya biasa terdapat ruang tamu, ruang makan, 2-3 kamar tidur, 2 kamar mandi, serta dapur. Anda juga bisa mendapat fasilitas taman di bagian depan dan belakang rumah. Rumah tipe 54 ini bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 850 juta sampai Rp 1 miliar.

Tipe 60

Rumah tipe 60 ini adalah favorit kalangan middle-middle up serta developer. Ruangan di dalamnya sangat lapang sehingga nyaman dihuni. Rumah ini memiliki dimensi 6x10 dan dibangun di atas tanah berukuran 120 hingga 150 meter persegi.

Standarnya, tipe 60 terdiri dari ruang tamu besar, 3 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan 2 kamar mandi. Dengan proses renovasi, Anda bisa membuat rumah ini memiliki 2 lantai. Harga dari rumah tipe 60 sendiri sekitar Rp 1 miliar sampai Rp 1,2 miliar.

Tipe 70

Rumah tipe 70 termasuk dalam hunian kelas atas. Total luas bangunannya adalah 70 meter persegi dengan diameter 5 x 14 meter, 6 x 12 meter, atau 7 x 10 meter. Umumnya hunian ini terdiri dari dua tingkat.

Meski menjadi entry level dari rumah mewah, kualitas yang ditawarkan jauh lebih baik ketimbang tipe 60. Berkat ukurannya yang luas dan lega, rumah ini cukup untuk dihuni bersama keluarga besar. Harga rumah tipe 70 berada di kisaran Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,5 miliar.

Tipe 120

Rumah tipe ini biasa terdapat di kawasan elit. Terdiri dari dua lantai, rumah ini memiliki diameter 8 x 15 meter atau 10 x 12 meter. Umumnya, rumah tipe 120 dibangun oleh developer besar yang sudah berpengalaman hunian mewah.

Secara kualitas, rumah tipe 120 dibekali dengan material bangunan berkualitas tinggi yang kukuh. Model bangunannya pun biasanya lebih berkelas dan memiliki karakter tersendiri. Umumnya, rumah tipe 120 memiliki harga lebih dari Rp 1,5 miliar.

Tipe > 120

Terakhir adalah tipe > 120. Rumah seluas lebih dari 120 meter persegi ini termasuk kategori rumah mewah yang biasanya dimiliki oleh para eksekutif. Selain harganya yang mahal, biaya perawatan rumah ini tergolong tinggi sehingga memiliki pasaran yang segmented.

Hunian mewah ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas private pool serta garasi mobil yang bisa di custom sesuai keinginan pemiliknya. Rumah ini bisa memiliki nilai lebih dari Rp 1,5 miliar. Contoh hunian tipe > 120 adalah De Samera yang memiliki luas 215 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 2,7 miliar. Kemudian ada juga De Casa Villa dengan luas 140 meter persegi dan memiliki harga dasar Rp 1,372 miliar.

Itulah informasi mengenai tipe-tipe rumah di Medan beserta harganya. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih hunian di Medan yang sesuai dengan kebutuhan.

Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua