Lebih Baik Beli Rumah Dengan Tunai atau KPR?

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Terutama bila Anda telah berkeluarga. Akan tetapi, membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Selain lokasi, harga, dan kondisi, Anda juga harus mempertimbangkan cara pembayarannya. Apakah ingin beli rumah dengan tunai atau KPR?

Meski terus mengalami kenaikan harga tiap tahunnya, banyak kemudahan yang ditawarkan untuk membeli rumah. Bila membeli rumah secara tunai, berarti Anda cukup membayar sekali sesuai nilai rumah yang dibeli. Sedangkan untuk pembelian dengan KPR, Anda bisa melakukannya dengan cara mencicil.

Dengan karakteristiknya masing-masing, kedua cara pembayaran tersebut memiliki keuntungan dan kekurangan yang berbeda. Lantas, cara mana yang lebih baik untuk membeli rumah? Apakah dengan tunai atau KPR? Berikut penjelasannya.

Beli Rumah Dengan Tunai

Bagi yang memiliki pendapatan tinggi, biasanya akan memilih untuk beli rumah secara tunai. Karena untuk membeli rumah dengan tunai diperlukan uang tunai dalam jumlah yang banyak. Beberapa orang juga ada yang memilih untuk mengumpulkan uang sejak dini agar bisa digunakan untuk beli rumah di kemudian hari. Pembelian rumah dengan tunai sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan, sebagai berikut.

Keuntungan Beli Rumah Dengan Tunai

Bisa mendapat harga beli rumah yang lebih murah ketimbang kredit.

Proses transaksi jual beli dengan developer akan jadi lebih mudah. Karena tidak membutuhkan bantuan dari pihak ketiga (perbankan).

Terhindar dari kewajiban membayar segala jenis biaya administarasi selama pengurusan dokumen. 

Kemungkinan besar mendapat beragam diskon tambahan dari developer atau diberikan keringan seperti pembayaran dengan tunai bertahap.

Akan terbebas dari rasa cemas dan khawatir karena rumah tersebut akan langsung jadi milik Anda.  

Rumah yang dibeli dengan tunai bisa diagunkan kembali ke bank untuk mendapatkan dana segar untuk kebutuhan usaha atau mengakuisisi aset lainnya untuk disewakan.

Kekurangan Beli Rumah Dengan tunai

Diperlukan dana dalam jumlah besar dan Jika dipaksakan, membeli rumah dengan tunai beresiko mengganggu arus kas Anda.

Jika Anda membeli rumah pada proyek yang belum dibangun dan ternyata akhirnya bermasalah, maka Anda beresiko kehilangan semua investasi dalam waktu sekejap. 

Beli Rumah Dengan KPR

Cara membeli rumah berikutnya adalah dengan KPR atau mencicil. Metode pembayaran ini dianggap paling tepat, terutama bagi generasi milenial yang kesulitan untuk membeli rumah secara tunai. Meski jadi salah satu alternatif punya rumah bagi banyak orang, KPR juga memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam menggunakannya. Sebagai berikut.

Keuntungan Beli Rumah Dengan KPR

Karena dibayarkan dengan cara mencicil, Anda tidak perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar. Cukup siapkan uang muka yang jumlahnya tidak sebesar saat membeli dengan tunai.

Beberapa bank menawarkan suku bunga yang rendah. Anda bisa memilih penawaran yang paling sesuai dengan pendapatan bulanan.

Tetap dapat mengalokasikan sebagian pendapatan untuk investasi atau tabungan karena dibayarkan dengan mencicil.

Biasanya dilengkapi dengan berbagai asuransi, seperti asuransi kebakaran dan asuransi jiwa, untuk berjaga-jaga dari segala risiko.

Walau dibayarkan dengan mencicil, Anda tetap dapat menempati langsung rumah tersebut.

Pengeluaran Anda akan lebih ringan karena tidak perlu mengeluarkan uang besar dalam jumlah sekali bayar.

Kekurangan Beli Rumah Dengan KPR

Makin lama tenor yang dipilih, jumlah suku bunga yang dibebankan akan makin besar.

Total pembayaran keseluruhan akan lebih banyak ketimbang membeli dengan cara tunai.

Apabila terjadi masalah ekonomi tidak terduga hingga kesulitan bayar, rumah KPR akan disita.

Belum akan menerima surat-surat rumah berharga sampai Anda melunasi seluruh pembayaran.

Akan dikenakan penalti apabila melunasi pembayaran cicilan lebih awal dari kesepakatan.

Karena mengikuti suku bunga fluktuatif yang selalu bertambah tiap tahunnya, Anda mungkin akan terkejut dengan perubahan bunga yang mengakibatkan jumlah cicilan jadi lebih mahal.

Lebih baik beli rumah dengan tunai atau KPR?

Beli rumah, baik dengan tunai atau KPR, sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangan yang masing-masing. Yang harus Anda perhatikan adalah mempertimbangkan kondisi finansial Anda dan lakukan kalkulasi dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan. Jangan sampai cara pembayaran tersebut malah akan membebani keuangan Anda.

Bila Anda memiliki dana yang melimpah, sangat disarankan untuk membeli rumah agar dapat terbebas dari segala risiko keuangan di masa depan. Sementara bagi yang memiliki pendapatan cenderung pas-pasan, tidak ada salahnya menjadikan KPR sebagai solusi alternatif untuk membeli rumah.

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi semua orang dari berbagai kalangan. Kini, membeli rumah sudah semakin mudah dengan adanya berbagai pilihan pembayaran. Anda bisa memilih sendiri apakah ingin beli rumah dengan tunai atau KPR. Apapun pilihan yang diambil, pastikan itu sesuai dengan kemampuan Anda, ya.


Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua