Perbedaan Jenis Perumahan Cluster, Townhouse dan Komplek

Saat hendak membeli rumah, Anda pasti akan dihadapkan dengan pilihan apakah membeli rumah pada perumahan jenis cluster, townhouse, atau kompleks. Ketiga tipe tersebut memang jadi yang paling sering ditawarkan oleh para developer. Namun, tidak sedikit yang masih sering salah persepsi akan tipe-tipe rumah tersebut. 

Banyak yang beranggapan kalau cluster, townhouse, dan kompleks merupakan hal yang sama. Padahal masing-masing jelas berbeda, terutama pada cluster dan townhouse. Lantas, apakah yang menjadi perbedaan dari ketiga tipe rumah tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Perumahan Jenis Cluster

Perumahan jenis Cluster merupakan suatu kumpulan rumah yang dibangun berkelompok pada satu wilayah dengan bentukan serasi. Ciri khasnya adalah sistem rumah terbuka alias tidak menggunakan pagar. Tiap rumah hanya dibatasi dengan tembok beton saja. Biasanya rumah cluster berlokasi di pinggiran kota yang asri. 

Pengertian Perumahan Jenis Townhouse

Sementara townhouse merupakan perumahan yang biasanya terletak di tengah perkotaan. Bentukannya dibuat serupa dan teratur namun dalam jumlah yang terbatas. Umumnya townhouse memiliki one gate system yang memberikan kesan eksklusif bagi penghuninya. Tipe hunian ini juga banyak diminati berkat berbagai fasilitas bersama menarik di dalamnya, meliputi kolam renang, club house, taman bermain, ruang terbuka hijau, dan sebagainya. Hal tersebut membuat unit rumah di townhouse memiliki harga jual yang lebih mahal.

Pengertian Perumahan Jenis Komplek

Sedangkan komplek merupakan tipe perumahan yang terdiri dari berbagai hunian dengan model yang berbeda. Umumnya, perumahan kompleks sudah dilengkapi dengan pagar dan tembok beton pembatas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan rumah tersebut. Pada perumahan kompleks tidak dibekali dengan berbagai fasilitas. Harganya pun bisa lebih murah ketimbang tipe lain karena mengikuti harga tanah daerah. 

Perbedaan Jenis Perumahan Cluster, Townhouse, dan Komplek

Setelah mengetahui pengertian dari perumahan cluster, townhouse, dan komplek, berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan tiga tipe hunian tersebut. 

Konsep

Perbedaan pertama dari perumahan cluster, townhouse, dan komplek yang pertama terdapat pada konsepnya. Perumahan cluster dan townhouse memiliki kesan tertutup karena menerapkan sistem keamanan satu akses. Ukuran dan bentuk tiap rumah di dalamnya pun juga cenderung sama. Hanya saja, townhouse  memiliki konsep rumah yang lebih eksklusif karena memang diperuntukkan bagi para ekspatriat. Harganya pun lebih tinggi ketimbang perumahan cluster.

Sedangkan pada perumahan komplek biasanya tidak memiliki sistem keamanan khusus seperti pada cluster dan townhouse. Tiap unit rumah di kompleks juga memiliki bentuk serta ukuran yang beragam. Masing-masing rumah pun sudah memiliki pagar dalam berbagai ukuran.

Jumlah Rumah

Perbedaan selanjutnya terdapat pada jumlah rumahnya. Perumahan cluster dan kompleks memiliki jumlah rumah dengan kisaran 100 – 300 unit. Lebih banyak ketimbang pada townhouse yang hanya memiliki jumlah unit rumah paling banyak sekitar 30 unit saja. Tipe townhouse memang cenderung mengedepankan ekslusifitas dan sering diperuntukkan bagi kalangan tertentu seperti contohnya ekspatriat atau dibuat khusus untuk karyawan dari suatu perusahaan tertentu.

Fasilitas

Perbedaan terakhir dari perumahan cluster, townhouse, dan kompleks terdapat pada fasilitas penunjang di dalamnya. Perumahan cluster dan townhouse memang dilengkapi dengan beragam fasilitas tertentu, misalnya kolam renang, jogging track, taman, dan sebagainya. Hanya saja perumahan townhouse memiliki fasilitas yang lebih lengkap ketimbang di cluster. Apalagi fasilitas yang terdapat pada tiap sub kompleks perumahan cluster biasanya berbeda-beda.

Sedangkan perumahan komplek cenderung tidak memiliki fasilitas publik khusus seperti pada perumahan cluster dan townhouse. Biasanya hanya dibekali dengan fasilitas keamanan untuk menghindari risiko kejahatan tertentu. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan perumahan cluster, townhouse, dan kompleks. Meski memiliki perbedaan, ketiganya tetap sama-sama jadi hunian tempat tinggal yang menguntungkan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki saja. 


Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua