Inspirasi Tema Desain Interior Yang Bisa Dicoba

Tema desain interior dari sebuah hunian bisa mempengaruhi emosi, aktivitas dan memberikan rasa nyaman yang dibutuhkan dari sebuah hunian. Hunian yang nyaman bukan berarti harus memiliki interior dengan furniture yang mahal atau berisi banyak dekorasi.

Tetapi, bagaimana pengaturan berbagai elemen interior, seperti tata letak, warna, furniture, dekorasi dan sebagainya menjadi sebuah kesatuan yang saling berkaitan dan menciptakan estetika yang baik dan sehingga memberi rasa nyaman.

Jadi, untuk Anda yang baru membeli rumah baru dan ingin menjadikannya rumah yang ideal untuk Anda dan keluarga tetapi masih bingung, berikut ada 7 tema desain interior yang bisa Anda contoh:

Tema desain interior Modern

Inspirasi Tema Desain Interior Modern Samera Propertindo
Inspirasi Tema Desain Interior Modern (Image source : twuss.com)

Seiring berkembangnya zaman, aliran desain interior modern banyak diadopsi terutama di daerah perkotaan. Ciri-ciri dari aliran desain modern terlihat simple, bersih, fungsional dan stylish sesuai dengan gaya hidup masa kini.

Desain interior modern identik dengan penggunaan warna monokrom atau netral sebagai warna dasar ruangannya, penggunaan material kaca dan besi, finishing metal polished dan memiliki jendela besar untuk memberi kesan terbuka dan memberi banyak pencahayaan natural.

Tema desain interior Minimalis

Inspirasi Tema Desain Interior Minimalis Samera Propertindo
Inspirasi Tema Desain Minimalis (Image Source : beambk.com)

Selain desain modern, konsep minimalis juga menjadi salah satu tema interior rumah yang banyak dipilih masyarakat. Desain interior minimalis sebenarnya merupakan versi sederhana dari gaya modern.

Poin utama dari desain minimalis adalah kesederhanaan dan keteraturan interior dalam rumah. Desain ini juga menggunakan warna netral serta perabot sederhana dan fungsional agar tidak terkesan berlebihan.

Tema desain interior Scandinavian

Inspirasi Tema Desain Interior Scandinavia Samera Propertindo
Inspirasi Tema Desain Interior Scandinavian (Image Source : roomssolutions.com)

Tema ini merupakan peleburan dari konsep negara-negara Skandinavia seperti Swedia, Norwegia dan Finlandia hingga membentuk sebuah tema desain yang memiliki ciri khas tersendiri.

Beberapa elemen penting pada interior bergaya Scandinavian bisa terlihat pada penggunaan material dan tekstur alami, seperti penggunaan kayu, rotan, batu, kulit dan penempatan tanaman hijau.

Yang harus diingat saat menata ruangan bergaya Scandinavian adalah untuk memperhatikan pencahayaan alami, penggunaan furniture dan aksesoris dengan desain simple dan selalu memperhatikan fungsionalitas.

Tema desain interior Industrial

Inspirasi Tema Desain Interior Industrial Samera Propertindo
Inspirasi Tema Desain Interior Industrial (Image Source : layadecor.com)

Tema desain ini banyak diadopsi oleh cafe dan coffee shop kekinian karena banyak disukai oleh generasi milenial karena dianggap keren dan maskulin. Tema desain industrial ini kemudian banyak diadopsi pada hunian, terutama bagi pemilik rumah kaum pria.

Karena tema desain industrial mengedepankan tampilan asli atau alami dari material yang digunakan, maka penghematan bisa dilakukan karena minim pekerjaan finishing. Pada umumnya, ada beberapa elemen dasar yang bisa dihadirkan untuk menciptakan suasana industrial yang lebih kental.

Seperti contoh, penggunaan furniture atau dekor yang terbuat dari besi dan kayu dengan finishing yang minim. Biarkan plafon terbuka tanpa gypsum dan perlihatkan kabel duct yang sudah ditata rapi. Gunakan juga warna-warna seperti hitam, silver, abu, emas, navy blue dan coklat tua untuk menampilkan suasana yang lebih maskulin. Perlu diingat bahwa pemilihan dekorasi juga penting, seperti penggunaan lampu pendant berukuran besar dengan model vintage atau aksesoris berbahan tembaga.

Tema desain interior Transisional

Inspirasi Tema Desain Interior Transisional Samera Propertindo
Inspirasi Tema Desain Interior Transisional (Image source : jcathell.com)

Gaya desain ini merupakan perpaduan dari tema desain modern dan tradisional. Perpaduan kedua tema desain tersebut  dapat menghadirkan komposisi yang seimbang dan harmonis pada rumah Anda.  

Pilihan warna yang digunakan pada desain transisional relative netral. Tujuannya untuk memberikan kesan menenangkan dan bergaya, namun tetap mengundang. Untuk furniturnya juga menggunakan perabot mewah dengan dekorasi yang sederhana. Membuatnya terlihat eksentrik dan elegan, namun tidak rumit

Tema desain interior Bohemian

Inspirasi Tema Desain Interior Bohemian Samera Propertindo
Tema Desain Interior Bohemian (Image Source : daleneekirapa.com)

Bagi Anda yang memiliki jiwa bebas dan sangat ekspresif, tema desain interior bohemian bisa jadi pilihan terbaik. Bohemian sendiri merupakan tema desain rumah yang mencerminkan gaya hidup bebas dan tanpa beban tanpa ingin dibebani dengan aturan. Intinya adalah sesuai dengan keinginan hati Anda.

Ciri khas dari desain ini adalah penggunaan karpet serta beberapa kain yang dapat menambah kesan ramai pada tampilan ruangan. Di bagian ruang tengahnya biasanya menggunakan perpaduan ornamen lampu mewah, seperti lampu chandelier, dengan kursi dan karpet agak usang.

Itulah beberapa inspirasi tema desain interior yang bisa dicoba pada hunian Anda. Selanjutnya, Anda bisa melakukan budgeting dan melakukan riset harga dari jasa dari vendor yang dibutuhkan, furniture dan berbagai elemen dekorasi yang dibutuhkan.

Boleh Anda coba menambahkan beberapa sentuhan personal sesuai bisa saja sesuai dengan gaya atau karakter Anda, biar semakin unik. Selamat mencoba dan ingat untuk bagikan pengalaman Anda bersama Samera Propertindo!




Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua